MOHON MAAF BLOG SEDANG DALAM PENYETELAN TEMPLATE AGAR KAMI BISA LEBIH PROFESIONAL LAGI DALAM MEMBERIKAN INFO YANG ANDA BUTUHKAN, MOHON BERSABAR INI TIDAK BERLANGSUNG LAMA,TERIMA KASIH ATAS PENGERTIANNYA...
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Besaran & Satuan.

Sifat -sifat dari suatu benda atau kejadian yang kita ukur dan dapat dinyatakan dengan angka disebut besaran. Besaran dapat dinyatakan dengan satuan besaran. Syarat-syarat satuan standar adalah sebagai berikut:
  • Nilai satuan harus tetap.
  • Mudah diperoleh kembali (mudah ditiru).
  • Satuan harus dapat diterima secara internasional.
Besaran dalam fisika dpat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu besaran pokok dan besaran turunan.
Besaran pokok.
1. Besaran pokok adalah suatu besaran yang satuannya sudah ditetapkan terlebih dahulu. Ada 7 besaran pokok dalam Sistem Internasional (SI) seperti yang telah disajikan dalam daftar tabel berikut. 
 Salah Satu kelebihan dari Sistem Internasiaonal (SI) adalah menggunakan sistem metrik. Satuan tiap besran fisis dapat dinyatakan dalam satuan besaran pokok dan ditambahkan awalan . Secara detail awalan-awalan itu dapat dilihat dari tabel berikut.
2. Besaran Turunan.
Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Dengan demikian satuan dari besaran turunan juga merupakan hasil penurunan dari satuan hasil besaran pokok.Contoh besran turunan adalah: luas, volume, kecepatan, percepatan, gaya, daya, usaha, dsb.

No comments:

Post a Comment