Hukum Besi Upah
adalah hukum yang diusulkan ekonomi yang menyatakan bahwa upah riil
selalu cenderung, dalam jangka panjang, terhadap upah minimum yang
diperlukan untuk menyokong kehidupan pekerja. Teori ini pertama kali disebut oleh Ferdinand Lassalle pada pertengahan abad kesembilan belas. Karl Marx dan Friedrich Engels atribut doktrin untuk Lassalle (terutama di Kritik dari Program Gotha (1875), Marx), mengkredit ide untuk Thomas Malthus dalam karyanya, Esai tentang Prinsip Kependudukan , dan terminologi untuk Goethe itu "besar, hukum besi abadi" di Das Göttliche .
Lassalle
Menurut Alexander Gray,Ferdinand Lassalle
"mendapat kredit karena telah menemukan" ungkapan "hukum besi upah",
seperti Lassalle menulis tentang "das eherne und grausame Gesetz" (besi
dan hukum yang kejam).
Menurut Lassalle, upah tidak dapat jatuh di bawah tingkat subsistensi karena tanpa subsisten, buruh tidak akan mampu bekerja. Namun, persaingan di antara buruh untuk pekerjaan akan mendorong upah hingga tingkat minimal. Ini mengikuti dari teori demografis Malthus , menurut penduduk yang meningkat ketika upah berada di atas "upah subsistensi" dan jatuh saat berada di bawah upah subsisten. Dengan asumsi permintaan tenaga kerja menjadi diberikan fungsi monoton menurun
dari tingkat upah riil, teori ini maka diperkirakan bahwa, dalam
ekuilibrium jangka panjang dari sistem, tenaga kerja pasokan (yaitu
penduduk) akan disamakan dengan nomor yang diminta pada kebutuhan hidup
yang upah.
Pembenaran untuk ini adalah bahwa ketika upah lebih tinggi, pasokan
tenaga kerja akan meningkat relatif terhadap permintaan, menciptakan
kelebihan pasokan dan dengan demikian upah pasar menyedihkan nyata,
ketika upah lebih rendah, penawaran tenaga kerja akan jatuh,
meningkatkan upah pasar riil. Hal ini akan membuat konvergensi dinamis menuju keseimbangan subsisten-upah dengan populasi konstan.
Seperti David Ricardo melihat, prediksi ini tidak akan terwujud selama baru investasi
, teknologi, atau beberapa faktor lainnya menyebabkan permintaan tenaga
kerja meningkat lebih cepat dari populasi: dalam kasus itu, baik upah
riil dan populasi akan meningkat seiring waktu. The transisi demografis
(transisi dari kelahiran yang tinggi dan tingkat kematian untuk lahir
rendah dan tingkat kematian sebagai sebuah negara industrializes)
mengubah dinamika ini di sebagian besar negara maju, menyebabkan upah
jauh lebih tinggi dari upah subsisten.
Bahkan di negara yang masih berkembang pesat populasi, kebutuhan akan
tenaga kerja terampil menyebabkan beberapa upah naik lebih cepat dari
yang lain.
Untuk mengatasi pertanyaan mengapa upah sering cenderung ke arah subsisten, Ricardo mengulurkan Hukum Sewa . Ricardo dan Malthus diperdebatkan ini dalam korespondensi pribadi panjang.
Ricardo
Isi dari hukum besi upah telah dikaitkan dengan ekonom menulis lebih awal dari Lassalle. Sebagai contoh, Antonella Stirati mencatat bahwa Joseph Schumpeter menyatakan bahwa Anne-Robert-Jacques Turgot pertama kali dirumuskan konsep. Beberapa (misalnya, John Kenneth Galbraith ) atribut ide untuk David Ricardo, yang konon dibenarkan atas dasar teori Malthus dari populasi. Menurut Terry Peach,
ekonom menafsirkan Ricardo memiliki pandangan yang lebih fleksibel upah
termasuk Haney (1924), JR Hicks (1973), Frank Knight (1935), Ramsay
(1836), George Stigler (1952), dan Paul Samuelson (1979).
Antonella Stirati sengketa atribusi dari ide hukum untuk ekonom Klasik selain Malthus.
Dia melihat Ricardo, misalnya, sebagai yang lebih dekat dengan
pandangan yang lebih fleksibel karakteristik populasi ekonom sebelum
Malthus. Ricardo menarik perbedaan antara harga alami dan harga pasar. Untuk Ricardo, harga alami tenaga kerja adalah biaya pemeliharaan buruh.
Namun, Ricardo percaya bahwa harga pasar tenaga kerja atau upah yang
sebenarnya dibayar bisa melebihi tingkat subsistensi tanpa batas waktu
karena kecenderungan sebaliknya ekonomi:
Meskipun kecenderungan upah sesuai dengan kecepatan alami mereka, tingkat pasar mereka mungkin, dalam masyarakat membaik, untuk waktu yang tidak terbatas, terus-menerus di atasnya, sebab tidak lama mungkin dorongan, yang memberikan modal meningkat untuk permintaan baru untuk tenaga kerja , dipatuhi, daripada yang lain peningkatan modal dapat menghasilkan efek yang sama, dan dengan demikian, jika peningkatan modal dilakukan secara bertahap dan konstan, permintaan tenaga kerja dapat memberikan stimulus lanjutan dengan peningkatan orang ..
Selanjutnya, Ricardo tidak hanya percaya bahwa harga pasar tenaga kerja
yang panjang bisa melebihi upah subsisten atau alam, tetapi juga
mengklaim bahwa upah alami bukanlah apa yang dibutuhkan secara fisik
mempertahankan buruh tetapi tergantung pada "kebiasaan dan adat
istiadat":
Hal ini tidak harus dipahami bahwa harga alami tenaga kerja, bahkan diperkirakan dalam makanan dan kebutuhan-kebutuhan, mutlak tetap dan konstan. Ini bervariasi pada waktu yang berbeda di negara yang sama, dan sangat material berbeda di berbagai negara. Pada dasarnya tergantung pada kebiasaan dan adat istiadat rakyat. Seorang buruh Inggris akan mempertimbangkan upah di bawah tingkat alamiah mereka, dan terlalu langka untuk mendukung keluarga, jika mereka memungkinkan dia untuk membeli tidak ada makanan selain kentang, dan tinggal di tempat tinggal tidak lebih baik dari kabin lumpur, namun tuntutan-tuntutan moderat alam sering dianggap cukup di negara yang 'hidup manusia yang murah', dan keinginannya dengan mudah puas. Banyak kemudahan yang sekarang dinikmati di sebuah pondok Inggris, akan telah dianggap kemewahan dalam periode awal sejarah kita.
Kritik
kritik Mainstream
Upah di sebagian besar negara berada di atas level subsisten.
Ekonom modern Banyak yang percaya perusahaan membayar pekerja mereka
premi atas tingkat subsisten untuk membuat mereka lebih efisien. Dalam teori upah efisiensi
, perusahaan memastikan bahwa pekerja mereka punya cukup uang untuk
membeli makanan dan perumahan karena pekerja cukup diberi makan dan
ditempatkan lebih produktif daripada pekerja tertatih-tatih di
kemelaratan.
kritik Sosialis
Kritikus Sosialis Lasalle dan hukum besi upah dugaan, seperti Karl Marx , berpendapat bahwa meskipun ada kecenderungan untuk upah jatuh ke tingkat subsisten, ada juga kecenderungan yang bekerja dalam menentang arah. Marx mengkritik Malthus dasar hukum besi upah.
Menurut Malthus, kemanusiaan sebagian besar ditakdirkan untuk hidup
dalam kemiskinan karena peningkatan hasil kapasitas produktif dalam
peningkatan populasi. Marx mengkritik Lasalle untuk kesalahpahaman David Ricardo .
Marx juga mencatat bahwa dasar dari apa yang disebut "ekonomi politik
modern" hanya perlu, untuk teori nilai, bahwa upah menjadi besaran
tertentu. Dia melakukan ini dalam memuji Physiocrats .
No comments:
Post a Comment