MOHON MAAF BLOG SEDANG DALAM PENYETELAN TEMPLATE AGAR KAMI BISA LEBIH PROFESIONAL LAGI DALAM MEMBERIKAN INFO YANG ANDA BUTUHKAN, MOHON BERSABAR INI TIDAK BERLANGSUNG LAMA,TERIMA KASIH ATAS PENGERTIANNYA...
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Tanda Ayam akan Bertelur


Ayam betina dewasa yang sudah kawin dan siap bertelur, penampilannya sangat periang. Sepanjang hari memeti (sibuk mencari sarang untuk bertelur) dan rajin mencari makanan di sekitar kandang. Bulu badannya rapat menghimpit satu sama lain, teratur rapid an mengkilap. Temboloknya penuh berisi makanan, tetapi tidak keras kalau diraba terasa hangat dan berjaringan halus.
Badan bagian belakang membesar, agak menonjol ke bawah, seolah-olah berbentuk pundi. Dinding perutnya agak tipis tampaknya, karena lapisan lemaknya berkurang. Lembut rasanya kalau diraba dari luar. Duburnya basah, berbentuk bulat panjang agak membusung. Tepat pada waktu bertelur, air mukanya agak pedih bagi ayam yang baru bertelur untuk pertama kali.
Biasanya setelah bertelur 15-20 butir, ayam menunjukkan tanda-tanda akan mengeram. Sepanjang siang dan malam duduk dalam sarangnya, bulu dadanya rontok sehingga botak kulitnya, dan mengeluarkan suara khas “kok,kok,kok,….” Jengger dan cupingnya tampak kisut dan pucat warnanya. Berat badan menyusut, kotoran agak emcee, bulu leher menjadi tegak seolah marah kalau didekati orang, mungkinh ketenangannya merasa terganggu. Kalau pengeramannya akan diteruskan untuk mendapatkan anak ayam, sediakanlah tempat pengeraman yang ruangnya teduh, kering dan tenang suasananya. Ruangan itu baik sirkulasinya, sehingga udaranya selalu segar.

No comments:

Post a Comment