Barang dapat berpindah dari produsen ke konsumen karena ada kegiatan pemasaran. Pemasaran adalah telaah terhadap aliran produk secara fisik maupun ekonomis dari produsen sampai konsumen. Jejak barang dari produsen sampai konsumen akhir disebut saluran pemasaran.
Saluran pemasaran sangat rumit & kadang panjang.
PEMASARAN MUNCUL KARENA DANYA PENINGKATAN KEGUNAAN (UTILITAS).
- Kegunaan bentuk: Barang yang dirubah bentuknya akan meningkatkan kegunaannya.
- Kegunaan waktu : Barang yang digunakan di waktu yang berbeda akan meningkatkan kegunaanya.
- Kegunaan tempat: Barang yang dipindahkan tempatnya akan meningkatkan penggunaaanya.
- Kegunaan Kepemilikan; Barang yang dipindah tangankan akan meningkatkan kegunaanya.
Setiap biaya / ongkos / komisi yang dikeluarkan dalam pemasaran akan menjadi tanggungan konsumen akhir.
Efisiensi Pemasaran
- Untuk menilai prestasi kerja pemasaran yang harus berlangsung secara efisien.
- Efisiensi dapat dicapai apabila:
- Keluaran konstan sedang masukan mengecil.
- Keluaran meningkat sedang masukan tetap.
- Keluran meningkat lebih tinggi dari masukan.
- Keluaran menurun dalam kadar lebih rendah ketimbang penurunan masukan.
Fungsi Pemasaran.
- Fungsi pertukaran : Produk harus dijual & dibeli sekurang kurangnya sekali selama proses pemasaran.
- Pembelian : Pembelian dilakukan disetiap tingkatan saluran pemasaran. Produsen ==> Agen/distributor ==> sub agen ==> Toko retail ==> Konsumen.
- Penjualan : Merupakan bagian integral pertukaran, produsen kapan akan menjual merupakan bahan pertimbangan dalam pemasarn.
Produk pertanian dibeli & dijual beberapa kali selama proses pemasaran ==> Rantai pemasaran.
Fungsi Fisik.
- Pengangkutan : Produk pertanian sangat bulky (rowo) & tidak tahan lama,mudah berubah pentuknya, ada tata cara dalam pengangkutan misal dipak/ dikemas dengan pendingin.
- Penyimpanan : Produk pertanian dihasilkan dalam musiman, pada saat tertentu melimpah disaat lain paceklik.
- Pemrosesan : Produk pertanian sebelum dimanfatkan konsumen perlu diubah bentuknya lebih dahulu dengan dipproses.
Fungsi Penyedia Sarana.
- Informasi pasar : Agar pemasaran efisien pihak yang berperan memperoleh informasi dengan baik.
- Penanggung resiko : Pemasaran memiliki Resiko
- Resiko fisik : Rusak, busuk , hancur kena angin , tabrakan, jatuh dll.
- Resiko pasar ; Harga turun.
3. Standarisai: Pengelompokan produk produk pertanian dalam ukuran tertentu.
4. Pembiayaan : Setiap barang yang dipasarkan membutuhkan penanaman dana pada produk itu.
Cara mengurangi resiko pasar.
- Diservikasi : Penganekaragaman bisnis yang berbeda sehingga resiko pada usaha tertentu ditutup usaha lainnya.
- Integrasi Vertikal : Usaha hulu & hilir untuk mengurangi Ketergantungan.
- Kontrak Dimuka: Membuat kesepakatan untuk beberapa pengiriman mendatang.
- Perlindungan pasar yang datang : Pedagang menjual jnji dengan konsumen dengan harga kkontrak untuk pengiriman mendatang.
- Standarisasi dan penggolongann mutu. Penggolongan mutu produk pertanian sangat memudahkan dalam proses penjualan & pembelian & membantu sistem pemasran bekerja lebih efisien.
- Pembiayaan : Setiap produk pasti ada pemiliknya, pemilik meuntut tertanamnya dana untuk suatu periode yang singkat. Pembiayaan pemasaran dapat meliibatkan investor maupun bank.
Para agen bukanlah pemilik barang tetapi dapat melakukan penjualan/ pembelian dengan resiko kecil.
Biaya Pemasaran.
- Sebagai margin pemasaran : Menunjukn bagian dari pembayaran konsumen untuk menutup biaya dalam proses pemasaran.
- Faktornya yang mempengaruhi biaya pemasaran:
- Kadar kerusakan.
- Besarnya ( bulkyness) produk.
- Sifat musiman.
- Perbedaan bentuk produk mentah & produk akhir.
Pemerintah & Pemasaran.
- Dampak kebijakan pemerintah dalam pasar khususnya produk pertanian. Sebab program pemerintah akan mempengaruhi produksi maupun pemasaran.
- Program pemerintah harusnya melindungi kehidupanpetani dari perdagangan internasinal dengan pemberian subsidi.
- Perundang undangan yang melindunggi konsumen mengatur pemberian label , penggunan pengawet, halal.
- Pemerintah memberikan informasi pasar, prakiraan panen , Kondisi cuaca, akan meningkatkan efisiensii pemasaran.
Source : Ir. Sudarisman. Mp.
No comments:
Post a Comment