MOHON MAAF BLOG SEDANG DALAM PENYETELAN TEMPLATE AGAR KAMI BISA LEBIH PROFESIONAL LAGI DALAM MEMBERIKAN INFO YANG ANDA BUTUHKAN, MOHON BERSABAR INI TIDAK BERLANGSUNG LAMA,TERIMA KASIH ATAS PENGERTIANNYA...
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sosialisasi

Proses Sosialisasi pertama kali terjadi di dalam keluarga apa yang dianggap baik dan benar dalam sebuah masyarakat akan diajarkan oleh orang tua kepada anaknya sehingga akan mempengaruhi etika anak itu dimasa yang akan datang. Sosialisasi berlangsung secara terus menerus , dengan proses sosialisasi seseorang menjadi tahu bagaimana ia harus bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat yang sesuai dengan norma norma yang berlaku.

Pengertian Sosialisasi.
Sosialisasi adalah proses sosial, dimana seseorang belajar mengenal dan menghayati tata nilai, norma dan pranata dalam masyarakat atau unit kerja tertentu dalam proses sosialisasi seseorang akan melakukan komunikasi , interaksi, dan berhadapan dengan seperangkat nilai, norma, dan sanksi (jika ia melanggar).
Sosialisasi merupakan suatu proses seseorang mempelajari dan menghayati norma-norma kelompok atau satuan kerja dimana ia hidup dehingga dia sendiri menjadi seorang pribadi yang unik dan berlaku sesuai dengan harapan kelompok . Dalam proses sosialaisasi seseorang akan melakukan komunikasi, interaksi, dan berhadpan dengan seperangkat nilai,norma, dan sanksi apabila dia melanggar. Definisi sosialisasi masih banyak yaitu sebagai berikut:

  • Peter L burger
Sosialisasi adlah proses seorang anak belajar menjadi anggota masyarakat yang berpatisipasi aktif.
  • Jack levin & James L spates 
Sosialisasi adalah prosws pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.
  • Bruce J Cohen
Sosialisasi adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat , untuk memperoleh kepribadian dan kehidupan dalam masyarakat, untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok.
  • Charlote Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
  • Sukandar Wiraatmaja
Sosialisasi adalah proses belajar mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap , pengertian, gagasan, dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat.
  • Prof Dr. Nasution SH
Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai anggota warga masyarakat yang dewasa).
  • Soerjono Soekanto
Sosiologi adalah suatu proses sosial tempat seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan perilaku orang-orang di dalam kelompoknya.
  • Drs Suprapto
Sosialisasi adalah proses belajar berinteraksi dalam masyarakat sesuai dengan peran yang dijalankan.
  • John C Macionis
Sosialisasi adalah pengalaman seumur hidup dimana individu dapat mengembangkan potensinya mempelajari pola-pola kehidupan masyarakat.

Jadi sosialisasi adalah proses belajar para anggota masyarakat untuk menerima dan menyesuaikan diri dengan unsur-unsur kebudayaan yang meliputi tata nilai ,norma, pranata, bahasa, kesenian, sistem religi, sistem pengetahuan, cara-cara berinteraksi dan sebagainya. Sosialisasi dimulai dari keluarga sendiri kemudian meluas ke tetangga , teman sebaya, sekolah, masyarakat terbatas, komunitas kerja, dan masyarakat luas.
Dalam arti luas sosialisasi adalah proses pembelajaran masyarakat "menghantar " warganya masuk ke dalam kebudayaan. Dengan kata lain masyarakat melakukan suatu rangkaian kegiatan untuk menyerah terimakan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sedangkan sosialisasi dalam arti sempit seperangkat kegiatan masyarakat, yang didalam individu-individu  belajar dan diajarkan memahirkan diri dalam peranan sosial yang sesuai dengan bakatnya.

No comments:

Post a Comment