MOHON MAAF BLOG SEDANG DALAM PENYETELAN TEMPLATE AGAR KAMI BISA LEBIH PROFESIONAL LAGI DALAM MEMBERIKAN INFO YANG ANDA BUTUHKAN, MOHON BERSABAR INI TIDAK BERLANGSUNG LAMA,TERIMA KASIH ATAS PENGERTIANNYA...
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kepribadian

Kepribadian adalah ciri watak seseoarang individu yang bersifat hakiki yang tercemin pada sikap seseorang yang membedakan dengan individu lainnya. Kepribadian merupakan organisasi dari faktor faktor biologis, sosiologis & psikologis yang mendasari perilaku individu. Jadi kepribadian meliputi kebiasaan, sikap, dan sifat yang khas, yang dimiliki oleh seseorang yang terus berkembang apabila ia berhubungan dengan orang lain.
Definisi kepribadian menurut para ahli:
  • Koentjoroningrat
Kepribadian adalah ciri watak seseorang individiu yang konsisten yang memberikan kepadanya identitas sebagai individu yang khusus.
  • Rucek & Warren
Kepribadian adalah organisasi faktor-faktor biologis, psikologis & sosiologis yang mendasari perilaku individu.
  • Th M Newcomb
Kepribadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseoarang sebagai latar belakang terhadap perilaku.
  • Yinger
Kepribadian adalah keseluruhan perilaku seseorang dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi. jadi kepribadian adalh perpaduan yang utuh dari sikap, sifat , pola pikir, emosi dan lain-lain yang mempengaruhi seseorang agar berbuat sesuai dengan tata cara yang diharapkan
  • John E Cuber
Kepribadian adalah gabungan keseluruhan daro sifat-sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.
  • M.A.W Brower
Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap-sikap seseorang.

 Isi pokok kepribadian:
  • Aneka warna kebutuhan jasmaniah dan rohaniah diri sendiri dan oranag lain.
  • Aneka warna kesadaran identitas diri sendiri dan lingkungan.
  • Berbagai macam cara untuk memenuhi aneka macam kebutuhan sehingga tercapai kebutuhan memeuaskan dalam kesadaran individu yang bersangkutan.
Kepribadian dibentuk oleh unsur-unsur akal , oerasaan, kehendak, cita-cita, bakat dan kondisi jasmani kemudian dipengaruhi oleh faktor exstern yaitu pendidikan, teman bergaul, lingkungan masyarakat, lingkungan kebudayaan, lembaga tempat bekerja, tokoh idola, ajaran agama, dan sebagainya.
Kepribadian dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut:
  1. Kepribadian umum yaitu semua unsur kepribadian yang dimiliki oleh sebagian besar dari warga masyarakat. Ini terjadi karena hampir semua warga masyarakatnya menjalani proses sosialisasi dalam lingkungan kebudayaan yang sama dalam waktu yang lama. Hal ini dapat terbentuk pada masyarakat tradisional.
  2. Kepribadian individual yaitu kepribadian yang dimiliki oleh tiap-tiap individu secara khas dan berbeda satu sama lainnya. Ini terjadi karena proses sosialisasi yang terjadi oleh tiap-tiap individu sangat berbeda lingkungan sosial budayanya. Begitu pula latar ekonomi & orang tuanya.

No comments:

Post a Comment