MOHON MAAF BLOG SEDANG DALAM PENYETELAN TEMPLATE AGAR KAMI BISA LEBIH PROFESIONAL LAGI DALAM MEMBERIKAN INFO YANG ANDA BUTUHKAN, MOHON BERSABAR INI TIDAK BERLANGSUNG LAMA,TERIMA KASIH ATAS PENGERTIANNYA...
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Wudhu

Di dalam hukum agama islam, ALLAH mewajibkan atas ummat Rosulullah SAW. Utk melakukan sholat 5 waktu di setiap harinya, dan sebagaimana Ɣƍ kita ketahui, sholat tidak akan diterima jika kita tidak berwudhu’ sebelumnya, maka dari itu, disini ane ingin meng-share apa itu wudhu’, fardhu-fardhu wudhu’, dan sunnah-sunnah wudhu’.
Di dalam kitab “Safinatun Najah” karangan imam Salim bin Samir Al-Hadromy, wudhu itu adalah membasuh sebagian anggota badan, dgn niat Ɣƍ khusus.
-fardhu-fardhu wudhu’ ada 6 (enam), yaitu :
1. NIAT
Disetiap ibadah, kita diharuskan memulai dgn niat, begitu pula wudhu, wudhu’ juga harus dimulai dgn niat.
Dan sebagaimana lazim niat wudhu’ orang-orang islam diseluruh dunia, inilah bacaan niat ketika hendak memulai wudhu’ :
نويت الوضوء لرفع الحدث الأصغر لله تعالى
2. MEMBASUH WAJAH
Fardhu Ɣƍ kedua adalah membasuh wajah, adapunwajah mempunyai batasan, yaitu dari pangkal kening hingga ujung dagu, dan diantara 2 anak telinga. Maka batasan itu harus terkena air saat kita membasuh wajah kita.

3. MEMBASUH TANGAN HINGGA SIKU.
Fardhu Ɣƍ ketiga adalah membasuh kedua tangan kita dimulai dari ujung jari sampai ujung siku, atau sebaliknya tidak masalah, Ɣƍ terpenting adalah tidak ada sesuatu apapun Ɣƍ menghalangi air masuk ke kulit.
4. mengusap sebagian kepala.
Fardhu Ɣƍ ke empat adalah mengusapkan air kekepala, diperbolehkan hanya mengusap Rambut, asalkan rambut Ɣƍ diusap tidak melebih dari bagian kepala, seperti ujung rambut panjang pada wanita.
5. membasuh kaki hingga mata kaki.
Anggota selanjutnya adalah kaki, diwajibkan mengalirkan air dari ujung jari kaki sampai mata kaki atau sebaliknya.
6. tertib
Dan Ɣƍ terakhir adalah melakukan 5 fardhu-fardhu diatas dgn tertib, tertib disini adalah melakukan fardhu dgn fadhu Ɣƍ lain secara berurutan.
Maka, jika telah melakukan fardhu-fardhu Ɣƍ disebutkan diatas, maka sah lah wudhu kita, dan kita boleh melakukan sholat, memegang Al-Quran, atau ibadah-ibadah lain Ɣƍ diharuskan berwudhu sebelumnya.
Adapun berkumur-kumur, membasuh hidung, dan lainnya adalah hal sunnah, akan tetapi alangkah baiknya kita melakukan sunnah-sunnahnya, sehingga wudhu kita pun menjadi sempurna.
Diantara sunnah-sunnah wudhu adalah :
1. Bersiwak sebelum wudhu.
2. Membasuh kedua tangan hingga pergelangan.
3. Berkumur-kumur.
4. Memasukkan air kedalam hidung.
5. Membasahi seluruh kepala.
6. Membasuh telinga.
7. Menyela jari-jari tangan dan kaki.
8. Mengusap tengkuk(bagian belakang leher).
Dan masih banyak lagi sunnah-sunnah wudhu Ɣƍ belum ane sebutkan.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi ane sendiri, dan bagi siapapun Ɣƍ membaca, tidak lain dan tidak bukan, ane hanya ingin berbagi ilmu Ɣƍ ane dapetkan dari ustadz Ɣƍ mengajar di rumah ane.
Akhir kata ana ucapkan,
“Keutamaan hanya kepunyaan ALLAH.
السلام عليكم و رحمةالله و بركاته
N.B.
Tulisan diatas, adalah menurut Madhab Imam Syafi’i, dan terdapat dalam kitab “safinatun Najah” karangan Syech Salim bin samir Al-hadromy.

No comments:

Post a Comment