MOHON MAAF BLOG SEDANG DALAM PENYETELAN TEMPLATE AGAR KAMI BISA LEBIH PROFESIONAL LAGI DALAM MEMBERIKAN INFO YANG ANDA BUTUHKAN, MOHON BERSABAR INI TIDAK BERLANGSUNG LAMA,TERIMA KASIH ATAS PENGERTIANNYA...
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Otomikosis


Otomikosis adalah suatu proses peradangan pada liang telinga yang disebabkan oleh infeksi jamur.Faktor lingkungan terdiri dari suhu dan kelembaban. Faktor lokal termasuk infeksi kronik pada telinga, penggunaan tetes telinga, penggunaan steroid, berenang, adanya infeksi jamur pada bagian tubuh lainnya seperti
dermatomikosis atau vaginitis, gangguan fungsi imunitas, malnutrisi dan perubahan hormonal tubuh yang dapat memicu timbulnya infeksi seperti pada keadaan menstruasi ataupun pada wanita hamil.
Penyebab
Otomikosis disebabkan oleh beberapa spesies dari jamur yang bersifat saprofit.  Aspergillus dan Candida adalah kelompok jamur yang sering ditemukan pada kasus-kasus otomikosis. Selain itu jamur Pityrosporum juga sering ditemukan sebagai penyebab dari otomikosis. Pityrosporum dapat menyebabkan terbentuknya sisik yang menyerupai ketombe.

Gejala Klinis
Gejala yang sering dirasakan adalah rasa penuh pada telinga, otore (keluar cairan dari telinga) , otalgia (sakit pada telinga), gangguan pendengaran dan tinnitus. Gejala gangguan pendengaran pada kasus otomikosis biasanya disebabkan oleh adanya akumulasi dari debris mikotik dalam liang telinga.
Pengobatan
  • Dengan mengeluarkan kotoran liang telinga.
  • Antimikotik topikal akan lebih efektif dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk salep seperti nystatin dan triamcinolone.Antimikotik topikal dapat digunakan selama 4-6 minggu.
  • Antimikotik oral seperti flukonazol dapat digunakan pada kasus-kasus yang sulit disembuhkan.
  • Otomikosis akibat penggunaan antibiotik yang berlebihan sebagai obat tetes adalah sulit untuk diobati. Antibiotik dan steroid tidak dapat membantu menyembuhkan otomikosis tetapi akan meningkatkan pertumbuhan jamur khususnya Candida.
Pencegahan
  • biasakan mengorek kuping dengan bahan yang soft (katenbat)
  • untuk serumen yang basah perlu sering” dibersihkan

No comments:

Post a Comment