Escherichia coli

 

Escherichia coli (E. coli) adalah anggota dari kelompok besar kuman bakteri yang menghuni saluran usus manusia dan hewan berdarah panas (mamalia, burung). Bayi yang baru lahir memiliki saluran pencernaan steril, yang dalam dua hari menjadi dijajah dengan E. coli.
Lebih dari 700 serotipe E. coli telah diidentifikasi. "O" dan "H" antigen pada tubuh mereka dan flagela membedakan E. berbeda coli serotipe, masing-masing. E. coli serotipe yang bertanggung jawab atas berbagai laporan wabah ditelusuri ke konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi adalah mereka yang menghasilkan toksin Shiga (STX), disebut demikian karena toksin itu hampir identik dengan yang dihasilkan oleh bakteri lain yang dikenal sebagai jenis dysenteria Shigella 1 (yang juga menyebabkan diare berdarah dan sindrom uremik hemolitik [HUS] di negara-negara berkembang seperti Bangladesh) (Griffin & Tauxe, 1991, hal 60,. 73). Yang paling terkenal dan paling terkenal STX penghasil E. coli adalah E. coli O157: H7. Penting untuk diingat bahwa sebagian besar jenis E. bakteri coli tidak menyebabkan penyakit pada manusia, memang, ada yang menguntungkan, dan infeksi penyebab beberapa selain infeksi saluran pencernaan, seperti infeksi saluran kemih. Bagian ini khusus menangani STX penghasil E. coli, termasuk secara khusus E. coli O157: H7.

Toksin Shiga merupakan salah satu racun paling kuat yang dikenal manusia, begitu banyak sehingga Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) daftar sebagai agen bioteroris potensial (CDC, nd). Tampaknya mungkin bahwa DNA dari Shiga menghasilkan racun bakteri Shigella dipindahkan oleh bakteriofag (virus yang menginfeksi bakteri) sampai E. dinyatakan tidak berbahaya bakteri coli, sehingga memberikan mereka dengan materi genetik untuk memproduksi toksin Shiga.
Meskipun E. coli O157: H7 bertanggung jawab atas mayoritas penyakit manusia disebabkan oleh E. coli, ada tambahan STX penghasil E. coli (misalnya E. coli O121: H19) yang juga dapat menyebabkan kolitis hemoragik dan pasca diare sindrom uremik hemolitik (D + HUS) . HUS adalah sindrom yang didefinisikan oleh trilogi anemia hemolitik (penghancuran sel darah merah), trombositopenia (jumlah platelet rendah), dan gagal ginjal akut.
Stx penghasil E. organisme coli memiliki beberapa karakteristik yang membuat mereka begitu berbahaya. Mereka adalah organisme hardy yang dapat bertahan beberapa minggu di permukaan seperti counter tops, dan sampai satu tahun di beberapa bahan seperti kompos. Mereka memiliki arti dosis yang sangat rendah menular yang hanya sejumlah kecil bakteri (kurang dari 50) yang diperlukan "untuk set-up rumah tangga" dalam saluran usus korban dan menyebabkan infeksi.

No comments:

Post a Comment