Fruktosa

Kita semua tahu bahwa fruktosa terdapat pada beberapa jenis pemanis. Kita melihatnya banyak tercantum pada label makanan seperti kecap, soft drink, minuman energi, sereal, biskuit, roti, kerupuk, es krim, sup kaleng, dan banyak banyak lagi. Dan kebanyakan dari kita mengira fruktosa berasal dari buah-buahan sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Tetapi ternyata tidak 100% benar!
Memang sebagian hal tersebut benar, yaitu fruktosa adalah salah satu gula utama dari buah-buahan, yang lainnya adalah sukrosa dan glukosa. Tetapi fruktosa yang ditemukan dalam makanan olahan sering kali berbeda dengan alur logika kita.
Produsen pemanis makanan yang berasal dari sirup jagung tinggi fruktosa (HFCS) ternyata bukan bersumber dari buah-buahan. Pemanis tersebut merupakan sebuah campuran yang diproses jagung, yang seringkali merupakan hasil dimodifikasi secara genetik dalam budidaya tanaman jagung.
Terlalu banyak diet HFCS berarti menyediakan kalori ekstra bagi tubuh dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang mungkin tidak diinginkan oleh banyak orang. Selain berat badan dapat mengurangi daya tarik penampilan, berat badan berlebih juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Cara terbaik untuk mengurangi HFCS dan gula tambahan lainnya dalam diet Anda adalah memeriksa produk yang Anda konsumsi dan melihat pada label. Gula yang tercantum pada label bahan sebagai HFCS, fruktosa, sukrosa, glukosa, sirup jagung, konsentrat sari buah, madu pemanis jagung, dan dekstrosa. Batasi asupan pemanis tersebut dan cobalah untuk mendapatkan rasa manis Anda dari buah utuh sebagai gantinya. Tidak hanya Anda mendapatkan gula alami dengan cara ini, Anda juga mendapatkan serat yang sangat dibutuhkan tubuh serta mendapatkan antioksidan.
The American Heart Association memiliki pedoman khusus untuk membatasi tambahan gula, yaitu :
- Wanita : tidak lebih dari 100 kalori per hari (sekitar enam sendok teh gula)
- Pria : tidak lebih dari 150 kalori per hari (sekitar sembilan sendok teh gula).
Sebagai catatan, salah satu minuman ringan rasa buah yogurt 12-ons atau 1,5 ons memiliki 10 sendok teh gula tambahan (di atas pedoman harian tersbeut).
Kebanyakan orang mendapatkan asupan lebih dari 22 sendok teh (atau 355 kalori) gula tambahan per hari, yang jauh melebihi pedoman aman dari USDA dan American Heart Association.
Tips untuk mengurangi gula tambahan dalam diet anda :
* Batasi asupan soda.
* Batasi permen yang mendaung gula tinggi.
* Batasi non-bergizi, manis dan es sereal.
* Periksa untuk melihat bahwa buah kaleng Anda dikemas dalam air atau jus alami, bukan sirup.
* Perhatikan bumbu-bumbu seperti kecap, saus BBQ, dan saus salad.
* Periksa isi produk yogurt dan susu terhadap tambahan gula.
* Hindari makanan cepat saji (biasanya tinggi di HFCS).
* Memiliki buah segar sebagai sumber manis.
* Snack pada sayuran.
* Carilah 100 label persen organik, maka itu bebas HFCS.

No comments:

Post a Comment